Wednesday, March 26, 2008

Rahwana dan Shinta

Patung Rahwana menggapit Shinta yang yang pingsan ini kian hari kian memudar saja warnanay tak terurus. Sementara patung Rama yang sedang membedik busur panah tepat di arah kanan jam 3 ( tak terlihat ) patung ini juga mengalami hal yang sama.
***
Beberapa tahun yang lalu, kedua patung ini begitu mempesona di tengah hutan kota yang begitu asri. Kini patung Rama sendiri berdiri di tanah gersang tanpa hutan di depan rumah baru Zona Washington. Mungkinkah patung ini juga akan tergusur oleh komplek baru yang akan datang?
***
Nasib yang sama terjadi pada sekelompok batu-batu Easter Island yang bessar-besar -walaupun hanya replica semen- yang akhirnya hilang tanpa bekas untk komplek baru .
***
Patung menggambarkan mengenai penculikan Shinta oleh Rahwana raksasa di hutan ketika Shinta terpesona mengejar kijang emas jelmaan si Rahwana. Shinta terkulai dan diculik. Perjuangann Rama dan semua cerita yang mengikutinya adalah kisah seluruh Ramayana. Tapi benarkah Shinta di culik oleh Rahwana ? Ataukah Shinta yang ternya menggoda Rahwana ? Entahlah. Dekontruksi untuk hal ini sepertinya perlu dilakukan .

1 comment:

muhamad whyyoudin said...

Selamat siang salam sejahtera, kalo boleh tau informasi sejarah pembuatnya siapa ya, ?
Terima kasih