Monday, February 11, 2008

Colosseum After The Rain

Beberapa hari setelah Kongian ( Imlek 2559 ) cuaca di Cibubur basah terus dan lembab oleh hujan dan gerimis. Pagi, siang , sore dan malam hari always be raining. Cuaca yang bikin semua orang di Legenda Wisata pasti merasakan sesuatu yang sendu dan adem. Ini bulan-bulan ketika hujan terus mengguyur Legenda Wisata dan Cibubur sekitarnya.
Colosseum kantor pemasaran ini menggigil karena basah hujan awal February. Menurut tradisi Tionghoa , kalau Imlek hujan terus turun artinya tahun ini akan banyak rejeki dan kemakmuran . ( Bukankah tiap hari dan tiap bulan juga banyak rejeki kayak tahun-tahun dulu ?) Entahlah. Yang penting cuaca begini membuat Legenda Wisata menjadi tempat yang sangat comfortable ditinggali beserta keluarga.
Gedung asli Colosseum adalah sebuah gedung dengan bentuk lonjong ( Elliptical) yang dibangun sekitar tahun 70-72 Masehi dibawah Kaisar Vespasius dan baru selesai 18 tahun kemudian oleh Kaisar Titus. Nama asli gedung ini dulu bernama Amphitheatrum Flavium dalam bahasa Latin, atau Anfiteatro Flavio atau Colosseo dalam bahasa Italia. Nama Flavium adalah nama keluarga dari dinasty Flavius yang menurunkan Kaisar Titus dan Vespasius.
Kalau suka nonton Film Gladiator, maka rekonstruksi secara digital dalam film itu sangat menyakinkan untuke membanwa kita balik ke abad awal puncak-puncak kejayaan kekaisaran Romawi. Walaupun pernah di hancurkan dan diluluhlantakan oleh 2 kali gempa bumi , dan juga dijadikan sasaran oleh pengumpul batu untuk dijual, gedung berumur 2 millenium masih bertahan sampai sekarang. It is a miracle !

Coba bandingkan dengan Colosseum yang asli di Italia sana beda di mana coba ? Bisa lihat ?

No comments: