Sunday, April 20, 2008

Sungai Telajung Mengalir ke Jakarta

Sungai yang masih asri dan sejuk ini bernama sungai Telajung. Sungai ini membela dan mengalir ditengah-tengah komplek Legenda Wisata. Sungai ini walaupun berair keruh mengalir dari Bogor menuju Jakarta melewati dan bermuara ke Ciliwung. Sungai Telajung ini pastilah sungai kuno damn sungai yang tua. Walaupun kini tetap dibiarkan seperti apa adanya oleh Legenda Wisata tapi tetap sungai kecil memberikan andil besar buat komplek dan penduduk-penduduk di zona-zona yang dilewatinya, minamal butir-butir air memberikan sedikit kesejukan atau paling tidak sebagai pengontrol air setiap kali lewat datang dari Bogor.
***
Dengan lebar sungai yang hanya sekitar 2 meter sungai ini nampak tak banyak di perhatikanoleh penduduk baru yang menjadi penghuni komplek Legenda Wisata. Padahal dengan mengalirnya sebuah sungai di sini, bila dimanfaatkan atau dioleh sebagai ecotourism sangatlah bermanfaat dan memberikan sebuah nuansa yang lain. Ada baiknya juga sungai ini untuk sementara tetap seperti apa adanya. Tetapi jauh lebih bermanfaat dan memberikan nilai lebih bila dikelolah lebih jauh seperti membuat permukaan sungai lebih dalam dan sepanjang tepi sungai dibuat bangku-bangku taman dan diterangi listrik sehingga bisa jadi tempat duduk untuk bersantai bagi penghuni di sini.
***
Kebiasan masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan tepi sungai atau memandang sungai sebagai salah satu tempat rekreasi nampaknya sangat jauh dari harapan. Apalagi komplek ini relatif jauh dari Jakarta, sehingga penghuni yang bekerja di Jakarta, tiba kembali kerumah sudah malam . Tak ada lagi waktu untuk strolling santai di hutan lindung apalagi disungai yang masih keruh.
***
Tapi sesungguhnya sungai ini yang masih mengalir alamiah menyimpan potensi ecotourism yang bisa dijual dan punya nilai komersial.
***

No comments: